Lewat Program Pelita Guru Mandiri (PGM) Sukanto Tanoto Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Lewat Program Pelita Guru Mandiri (PGM) Sukanto Tanoto Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Sudah pasti dengan tingkat kualitas pendidikan yang lebih baik lagi, maka yang demikian tersebut tentunya juga akan berdampak sangat baik bagi negara. Makanya penting sekali untuk setiap guru agar mengikuti program yang dibuat oleh Sukanto Tanoto melalui Tanoto Foundation ini.

Perlu untuk kita ketahui bersama bahwa suasana energik dan juga penuh semangat ternyata mewarnai suasana program pelatihan Pelita Guru Mandiri (PGM), khususnya untuk wilayah Jambi yang difasilitasi oleh Tanoto Foundation dalam naungan Sukanto Tanoto. Sukanto sendiri merupakan seorang pengusaha sukses yang mampu membawa nama Indonesia ke pasaran dunia. Dalam program pelatihan tersebut nanti para guru secara berkelompok akan menerima materi pengelolaan kelas yang lebih efektif lagi. Mereka pastinya akan tampak sangat menikmati sekali program pelatihan yang diberikan, sebab materi telah dikemas secara menyenangkan dan pastinya sangat interaktif, seperti halnya lewat aktifitas seperti permainan ular tangga.

Lewat Program Pelita Guru Mandiri (PGM) Sukanto Tanoto Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Selain hal di atas, ternyata penyampaian materi dalam bentuk game mennjadikan para guru yang ikut pelatihan Pelita Guru Mandiri ini lebih aktif lagi dalam berpendapat, juga sekaligus melatih mereka dalam bekerjasama sebagai sebuah tim. Tiap tim harus melakukan simulasi pemecahan masalah, dan juga berbagi pengalaman mengenai apa yang telah mereka lakukan untuk tingkatkan mutu proses pembelajaran di sekolah masing – masing. Tiap anggota tim akan mendapat giliran, langkah demi langkah sesuai alur permainan ular tangga.

Program pelatihan peningkatan kualitas guru yang diadakan oleh perusahaan Sukanto Tanoto ini sebagai salah satu bagian dari peningkatan mutu pendidikan yang ada di sekolah – sekolah mitra di wilayah Jambi. Pelatihan kali ini akan dilaksanakan secara berkelompok yang terdiri atas gugus – gugus dengan anggota sesuai lokasi mereka. Pesertanya adalah guru – guru yang terpilih nanti akan jadi fasilitator bagi guru – guru lainnya di sekolah masing – masing.

Selain hal tersebut, pelatihan Gugus I akan diikuti oleh perwakilan guru yang asalnya dari sekolah di sekitar Kebun Muara Bulian, dan juga Kebun Taman Raja. Sementara itu pelatihan Gugus II ini akan diikuti oleh para guru yang asalnya dari lokasi di sekitar Kebun Tungkal Ulu dan juga Kebun Bungo Tebo. Menurut Training Specialist Tanoto Foundation yang bernama Fitria, pelatihan tersebut memiliki peranan yang cukup penting sekali untuk tentukan program – program selanjutnya. Dimana pelatihan ini memegang peranan penting bagi aktifitas program Pelita Guru Mandiri. Setelah berjalan sekitar 5 tahunan, akan dicoba untuk refleksi dampak dari kegiatan yang dilakukan selama ini terhadap mutu pendidikan yang ada di beberapa sekolah mitra Tanoto Foundation.

Program pelatihan Pelita Guru Mandiri (PGM) oleh Sukanto Tanoto ini juga menjadi salah satu momen penting pengasahan ilmu supaya guru bisa lebih terampil lagi, dan juga berdaya guna untuk hasilkan karya – karya kreatif serta menarik. Hingga pada akhirnya terjadilah peningkatan kualitas guru yang bisa mengembangkan, dan juga mengkreasikan materi ajar siswa di sekolah masing – masing.

Pelatihan program Pelita Guru Mandiri oleh Sukanto Tanoto ini di desain dengan tujuan mengembangkan kemampuan guru dalam pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan juga menyenangkan. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, pastinya Tanoto Foundation akan lakukan kegiatan pelatihan, pendampingan, replikasi praktek terbaik, dan berbagi pengetahuan juga pengalaman.