Sambutan Baik Jokowi blusukan di Tanah Batak

Sambutan Baik Jokowi blusukan di Tanah Batak

Beberapa waktu lalu, Jokowi diketahui mengunjungi Sumatera Utara. Dalam hal ini, Jokowi dalam kunjungannya dan juga rombongannya memiliki kesempatan untuk dapat singgah di dua pasar tradisional yang berada di kabupaten Toba Samosir dan juga Humbang Hasundutan. Bahkan bukan hanya sekadar berkunjung, Jokowi blusukan juga tidak serta untuk membagikan beberapa kartu Indonesia pintar. Tentunya hal ini sangat disambut baik untuk ribuan pelajar yang berada di Balige. Tidak hanya sendiri, Jokowi juga ditemani dengan sang ibu negara Iriana. Kedatangan Jokowi blusukan pertama kali tiba di Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, pada Kamis sebelum dilakukannya pemilihan presiden.

Tentunya Jokowi blusukan ini, mendapatkan respon yang sangat baik terutama untuk pasar rakyat Balige sendiri. Memang sudah menjadi keinginan banyak orang, untuk dapat bertemu dengan masyarakat nomor 1 yang ada di Indonesia. Hal ini menambah antusias masyarakat terutama di pasar tradisional tersebut.

Dengan ciri khas yang sederhananya, tidak lupa juga Jokowi mengunjungi beberapa kios untuk berbelanja kebutuhan bahan pokok. Diketahui bahwa Jokowi sendiri, berbelanja sayur jipang, cabai, bawang merah, dan juga beberapa buah-buahan seperti buah jeruk. Jokowi sendiri juga dengan senang hati, untuk melayani permintaan masyarakat untuk berjabat tangan dan swafoto.

Ibu Iriana juga sempat untuk melihat-lihat, beberapa produk yang menjadi kerajinan khas dari Galeri Dekranasda yang mana terletak di pasar Balige sendiri. Ibu Iriana juga ikut untuk membeli ulos yang cantik. Jokowi, sang istri dan juga rombongan berkeliling cukup lama, bahkan hampir sekitar 20 menit. Tidak sampai disitu, Jokowi blusukan juga ikut untuk mengunjungi sekolah menegah kejuruan (SMK) Negeri 1 Balige.

Disinilah dimana pak Jokowi ikut untuk membagikan secara cuma-cuma, kartu Indonesia Pintar (KIP). Suasana yang dihadirkan di SMK ini, juga tidak berbeda dengan bagaimana kemeriahan yang terjadi di pasar tradisional sebelumnya. Para pelajar pun juga ikut menyambut dengan senang hati, kedatangan Jokowi.

Bukan hanya membagikan kartu Indonesia pintar saja, namun memang sudah menjadi ciri khas dari Jokowi untuk memiliki sedikit permainan dengan para anak-anak. Saat itu Jokowi juga tidak lupa, untuk mengajak beberapa pelajar untuk maju ke atas panggung dan berdialog singkat dengannya.

Siswa yang beruntung saat itu adalah  Cristopher Roni Tambunan, pelajar jurusan teknik permesinan. Jokowi juga menanyakan apa saja yang di pelajarinya, di jurusan permesinan yang dirinya ambil lalu sang anak menjawabnya. Bahkan bukan hanya menjawab, Christopher juga memberikan contoh, bagaimana gerakan saat dirinya mengelas.

Christopher juga ikut menjelaskan kepada Jokowi dan pelajar lainnya, bagaimana cara untuk mengelas dengan singkat. Tentunya hal ini sangat di apresiasi oleh Jokowi, melihat keberanian sang anak dan juga caranya menjelaskan dengan jelas.

Jokowi akhirnya membagikan langsung sebanyak 2000 KIP, yang mana diperuntukkan untuk pelajar SD, SMP, SMA dan SMK. Jokowi juga ikut untuk memberikan penjelasan, bahwa kartu tersebut hanya boleh untuk digunakan segala hal yang berbau dengan pendidikan. Kartu tersebut tidak boleh untuk digunakan dengan hal yang berkaitan dengan kepentingan pribadi dan tidak ada kaitannya dengan pendidikan.

Bukan hanya sampai disitu saja, Jokowi dan Ibu Iriana juga mengunjungi pasar lainnya, yaitu Pasar Rakyat Dolok. Pasar ini berada di Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan. Tentunya masyarakat sangat antusias dengan kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini, sambutan baik pun tidak ada henti-hentinya diberikan kepada Jokowi.

Itulah bagaimana kemeriahan yang dimiliki Jokowi, saat kegiatan rutinnya yaitu Jokowi blusukan di lakukan. Dalam hal ini, Jokowi juga tidak lupa untuk meminta bantuan mengenai pemilihan presiden, dan memberikan berbagai bantuan untuk masyarakat di tanah Batak tersebut.