Peran Bank Kustodian Dalam Pasar Modal Indonesia

Peran Bank Kustodian Dalam Pasar Modal Indonesia

Apa itu bank kustodian dan apa hubungan bank kustodian dengan pasar modal di Indonesia? mungkin ini beberapa pertanyaan yang banyak muncul saat mendengar kata bank kustodian dalam pasar modal Indonesia. bank kustodian merupakan lembaga keuangan yang telah mendapat ijin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan bertanggungjawab menyimpan sekaligus menjaga berbagai asset perusahaan seperti saham, surat berharga atau obligasi, ataupun aset perhiasan emas, berlian, mutiara, dan barang berharga lainnya.

Bank kustodian tidak hanya bertugas untuk menyimpan dan menjaga berbagai asset perusahaan namun bank kustodian juga bertanggung jawab untuk memproses administrasi dan melakukan pencatatan setiap transaksi yang dilakukan termasuk jual beli saham, pengiriman surat konfirmasi, pencairan deposito, sampai dengan pengiriman laporan bulanan. Selain itu, bank kustodian juga mengawasi manajer investasi agar tidak mengambil kebijakan yang cenderung merugikan investor pemilik modal. Dan apabila pihak manajer bank kustodian membuat kebijakan yang menyalahi aturan dan sudah diperingatkan tetapi masih saja dilakukan, bank custodian akan membawa permasalahan itu ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Jika kita berbicara tentang bank, pasti kita juga akan terhubung dengan pasar modal. Pasar modal merupakan pasar yang mempertemukan antara pihak yang menawarkan dana jangka panjang dan pihak yang membutuhkan dana jangka panjang yang memiliki jangka waktu diatas satu tahun. Dana tersebut dapat diperjualbelikan. Dana jangka panjang memiliki dua macam. Obligasi dan saham. Dana yang merupakan utang biasanya berbentuk sebagai obligasi yang merupakan suatu perjanjian yang mengharuskan peminjam membayar pinjaman pokok sekaligus bunganya dalam jumlah dan kurun waktu tertentu., dan dana jangka panjang yang merupakan modal kita sendiri biasanya berbentuk saham.

Oleh karena itu, bank dan pasar modal merupakan suatu peran yang sangat penting bagi masyarakat. Apa lagi saat ini, di era yang sangat modern dan perkembangan perekonomian yang semakin maju ini, telah mendorong bank dan pasar modal berusaha untuk menciptakan berbagai produk dan layanan yang semakin memudahkan masyarakat ataupun investor. Jadi peran bank kustodian di sini adalah untuk menjembatani antara investor, bank, dan pasar modal. Terlebih lagi untuk masalah transaksi nya yang berhubungan dengan penerimaan ataupun pembayaran dana kepada pemakai jasa. Pasar modal bisa dikatakan sebagai sarana alokasi dana yang bersifat progresif dan produktif untuk memindahkan dana dari pemberi pinjaman kepada orang yang meminjam. Sehingga akan terbentuk suatu keseimbangan perekonomian yang sehat.

Jadi kesimpulannya dapat diperoleh bahwa semakin bank custodian berperan maksimal dalam melakukan tugas dan fungsinya, semakin mempengaruhi pula perkembangan pasar modal yang ada di Indonesia. Jika kinerja dan peran bank custodian sangat rendah, maka pasar modal di Indonesia juga akan melemah. Kuncinya adalah berada pada bank custodian yang di dalamnya ada manajer investasi yang sangat mempengaruhi investor dalam pasar modal Indonesia. Anda juga dapat mengetahui informasi lainnya seputar modal ataupun peminjaman hanya di modalkita.com yang mana disitu dapat mengetahui secara detail dan rinci. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bila dijadikan bahan informasi bagi anda yang sedang bingung tentang peran bank kustodian dengan pasar modal yang ada di Indonesia. jangan lupa untuk memilih manajer investasi yang menurut anda tepat, karena manajer investasi sangat memegang kendali yang penting untuk memutuskan dan membuat strategi ataupun kebijakan dalam pengelolaan reksadana agar mendapatkan hasil yang maksimal.