Kamera Terbaik, Mirorrless atau DSLR?

Kamera Terbaik, Mirorrless atau DSLR

Seiring perjalanan waktu dalam kehidupan para pecinta fotografi, dari zaman ke zaman, dimulai dari dahulu kamera jadul analog hingga kamera terbaru, kamera digital, tibalah masa kini ketika vendor yang jual kamera menelurkan kamera terbaru yang bertajuk kamera terbaik hampir dalam waktu yang saling berdekatan. Harga kamera pun bukan jadi sebuah kendala bagi konsumen. Sedangkan bagi produsen, mereka berlomba-lomba memposisikan diri sebagai produsen jual kamera yang memproduksi kamera terbaik dengan harga kamera beragam dan pilihan kamera hd yang nggak mau kalah saing juga. Selain pocket ada dua jenis kamera digital lain yang menjadi incaran pengguna, yaitu kamera Digital Single Lens Reflex alias DSLR dan Mirrorless. Dari segi kamera hd, saat ini kamera terbaru ini rata-rata sudah menyediakan hingga full HD. Meskipun masih ada juga yang jual kamera dengan kamera hd mencapai HD, sedikit di bawah full HD. Nah, selain masalah harga kamera, banyak banget yang akhirnya memperdebatkan, mana sih sebenarnya, kamera terbaik antara DSLR dan Mirorrless?

  • Perbedaan Keduanya

Perbedaan mendasar antara kamera Digital Single Lens Reflex dengan Mirrorless adalah adanya cermin dalam DSLR yang mengusung konsep mirip dengan kamera analog, jadi cahaya masuk melalui lensa, kemudian prisma meamntulkannya sehingga bisa nampak pada viewvinder. Sementara Mirorrless sebagai kamera digital yang datang belakangan sesuai namanya merupakan tanpa cermin.

  • Lensa Kit dan Aksesoris, Ketersediaannya bagaimana?

Jangan tertipu dengan harga kamera yang murah, kadang lensa bawaan memang belum memadai. Namun kedua jenis kamera ini memang mempunyai kelebihan seperti bisa berganti atau menambah lensa baru. Nah, kamu kudu cek merek incaranmu memberikan banyak pilihan lensa dan aksesoris atau tidak. Pastikan di gerai jual kamera yang kamu datangi. Jangan terlalu khawatir sebenarnya, karena saat ini banyak tersedia banyak lensa yang bisa digunakan pada DSLR maupun mirorrless.

  • Suka Bentuk yang Mana?

Khas kamera terbaru dengan harga kamera yang bersaing, kebanyakan Mirrorless memiliki bentuk lebih ramping karena ketiadaan cermin dan prisma pemantul cahaya. Ya, cerminlah yang membuat DSLR menjadi besar dan lebih berat. Selain itu, Mirrorless banyak diproduksi dengan bahan yang lebih ringan dari DSLR. Sehingga banyak diyakini, menenteng kamera DSLR lebih melelahkan ketimbang mirrorless. Dari segi ini, kamera terbaik versimu, yang mana?

  • Mau yang Anteng Atau yang Rada Berisik?

Tidak hanya masalah mana kamera yang termasuk kamera HD atau yang paling mahal, pertimbangan ke-4 ini wajib diamati. Pada DSLR, begitu kita menekan tombol untuk membidik objek pasti terdengar suara yang agak berisik. Memang tidka keras, sih, tapi tanpa suara itu tentu lebih nyaman. Nah, teknologi mirrorless sebagai teknologi kamera terbaru alias yang datang belakangan, saat ini benar-benar sudah mampu meniadakannnya sama sekali. Semua kembali ke kamu sebagai pengguna, apakah hal ini cukup mengganggu atau tidak?

  • Harga Cocok yang Mana?

Banyak yang percaya bahwa kamera digital Mirrorless merupakan kamera terbaru yang menjadi masa depan dunia fotografi. Meskipun begitu, sebenarnya dari harga kamera kedua kamera digital ini masih bisa disesuaikan dengan budget sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Sensor yang sama akan menghasilkan gambar yang setara, jika kamera hd merupakan hal yang ditakutkan, maka jangan khawatir karena kamera hd sama-sama bagus.

  • Kekuatan Baterai dan Fokus?

Penggunaan liveview yang berlangsung hampir setiap on pada mirrorless jelas membuat kamera ini membutuhkan lebih banyak daya untuk mendapatkan jumlah bidikan yang sama dengan hasil DSLR. Sementara dari segi focus, meskipun kamera hd sama, namun hasil yang dikeluarkan oleh dua kamera ini berbeda ketika bertemu objek bergerak. DSLR akan lebih focus ketimbang mirrorless.

Sebenarnya tak mudah dan barangkali saat ini masih belum bisa mengatakan bahwa salah satu dari kamera digital atau kamera terbaru ini adalah kamera terbaik atau lebih baik dari yang lainnya. Penyebabnya adalah masih ada kekurangan dari masing-masing. Jadi, itulah kenapa saat ini yang jual kamera seperti di Blanja.com juga masih menyediakan dua-duanya.

Bahkan ada vendor yang nampak enggan beralih sistem dari DSLR ke Mirrorless. Semua kembali ke kebutuhan kamu sendiri, cocok yang mana? Kamera terbaik tentu saja yang paling cocok denganmu. Soal harga kamera bisa disesuaikan dengan isi kantong. Jangan pula lekas tergiur dengan yang jual kamera dengan harga super miring karena kamera yang baik biasanya jual kamera dengan harga kompetitif.