Awal Mula Munculnya Merk Modena

Awal Mula Munculnya Merk Modena

Memiliki bisnis elektronik memang menjadi tantangan tersendiri untuk menjualkan di pasaran khususnya Indonesia, mengingat barang elektonik bukanlah salah satu barang primer yang wajib dimiliki masyarakat Indonesia. Perjuangan pengembangan perusahaan elektronik ini mulai dilakukan tahun 1981 oleh Modena. Merk ini sudah mampu menjual produk elektronik offline maupun online. Artikel kali ini akan mengulas asal usul dari merk yang sudah terkenal di Indonesia.

Awal Mula Perusahaan

Pada tahun 1981, perusahaan Modena didirikan dan mulai menjual rice cooker. Karyawan yang dimiliki hanya puluhan orang, tidak seperti sekarang yang memiliki ratusan karyawan. Pada tahun ini perusahaan mulai mengikuti pameran-pameran besar di Jakarta. Berlanjut pada tahun 1984 yang mulai meluncurkan produk freezer dan membuka cabang di Surabaya.

Pada tahun 1986 sampai tahun 2004, perusahaan mulai melihat volume penjualan meningkat diikuti permintaan dan penawaran dari masyarakat. Akhirnya perusahaan ini banyak meluncurkan jenis-jenis elektronik rumah tangga yang baru setiap tahunnya seperti mesin cuci Modena, kompor, oven, alat cleaning. Pada tahun-tahun tersebut perusahaan sudah membuka banyak cabang di Indonesia.

Pada tahun 2005, perusahaan membuka sistem penjualan online seluruh Indonesia untuk mendapat transaksi real-time dengan konsumen. Pada tahun 2006 sampai 2010, Modena menciptakan produk baru lagi yaitu hair dryer, kitchen set, dan vacuum cleaner. Pada tahun 2010 ini pertama kalinya Modena mendapatkan penghargaan karena loyalitas konsumen terhadap perusahaan tersebut.

Di tahun-tahun berikutnya, perusahaan kembali mendapatkan beberapa penghargaan. Selain berkiprah di dunia bisnis, mereka juga terjun ke dunia sosial. Perusahaan tersebut ikut dalam beberapa kegiatan sosial seperti pembangunan rumah. Bersamaan dengan hal tersebut, perusahaan ini meluncurkan produk kulkas Modena. Pada tahun-tahun berikutnya, perusahaan fokus mengembangkan produk yang sudah diproduksi sebelumnya.

Pada tahun 2014, pengembangan kompor tanam dilakukan dan mengalami respon positif dari masyarakat. Pada tahun ini perusahaan kembali melakukan kegiatan sosial dengan menyisihkan sebagian penjualan elektronik untuk pembangunan rumah di kawasan desa Bogor. Kemudian perusahaan ini membuka fasilitas kursus memasak di Indonesia. Perusahaan ini terus melakukan peningkatan dari segi service pula untuk menjamin kerahasiaan data konsumen yang melakukan transaksi online.

Pada tahun 2016, perusahaan Modena berelasi dengan beberapa chef terkenal di Indonesia dan meluncurkan produk kompor berukuran mini. Desain dari kompor ini sudah mengalami peningkatan dibandingkan produk kompor yang lama. Desain dilengkapi tempered glass sehingga menghasilkan kesan yang mewah dan elegan.

Penjelasan diatas merupakan gambaran umum perjalanan dari perusahaan terkenal di Indonesia yaitu Modena. Kepercayaan masyarakat dan citra perusahaan terus dibangun, tidak hanya mementingkan keuntungan dari penjualan saja. Namun perusahaan ini juga tidak pernah melewatkan kegatan-kegiatan sosial guna membantu sesama.